Sebelumnya, Anda mungkin merasa terbatas dan bingung ketika berusaha memutar suara di dua perangkat berbeda pada sistem operasi Windows. Anda mencoba segala cara, mulai dari mengutak-atik pengaturan hingga mendownload perangkat lunak tambahan yang tidak sebanding dengan komplikasinya. Bukan itu yang Anda inginkan, bukan? Setelah mengeksplorasi informasi dalam artikel ini, Anda akan mampu memutar suara secara simultan pada dua alat sekaligus tanpa kerumitan tambahan.

Kami menyajikan kepada Anda “Bebaskan Suara Anda: Cara Memutar Suara di 2 Perangkat di Windows”. Artikel ini merupakan penyelesaian luar biasa untuk para pekerja kreatif maupun teknisi audio yang sering bertukar-tukar antar perangkat audio. Berbekal wawasan inovatif dan kullan singkatan teknis unik, tulisan ini akan membantu Anda melintasi jembatan dari ketidakmungkinan ke kemudahan. Kini, tidak lagi ada hambatan dalam memaksimalkan penggunaan audio multiperangkat di Windows – suatu era baru telah dimulai dalam dunia teknologi suara.

Cara Memutar Suara di Headphone dan Speaker Secara Bersamaan Di Windows 10

Suara merupakan salah satu fitur penting dalam penggunaan komputer. Dengan mengatur suara dengan tepat, kita dapat memaksimalkan pengalaman multimedia yang kita nikmati. Bagi pengguna Windows, ada beberapa cara untuk memutar suara di dua perangkat sekaligus, dan dalam artikel ini kami akan membahas langkah-langkahnya secara rinci.

Memilih Perangkat Suara Utama

Langkah pertama untuk memutar suara di dua perangkat adalah dengan memilih perangkat suara utama. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol “Windows” pada keyboard Anda untuk membuka menu Start.
  2. Pilih “Pengaturan” dari menu tersebut.
  3. Pada jendela “Pengaturan”, klik pada “Sistem”.
  4. Dalam menu sebelah kiri, pilih “Suara”.
  5. Di bagian atas jendela Suara, Anda akan melihat opsi “Kelola Perangkat Output”. Klik pada opsi tersebut.
  6. Akan muncul daftar semua perangkat output audio yang terhubung ke komputer Anda. Pilih perangkat yang ingin Anda jadikan sebagai perangkat suara utama dengan mengklik kanan dan memilih opsi “Set as Default Device”.

Mengaktifkan Suara di Perangkat Kedua

Setelah Anda memiliki perangkat suara utama yang dipilih, langkah berikutnya adalah mengaktifkan suara di perangkat kedua. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Tetap berada di jendela “Suara”.
  2. Pada daftar perangkat output audio, cari perangkat kedua yang ingin Anda gunakan.
  3. Klik kanan pada perangkat tersebut dan pilih opsi “Set as Default Communication Device”.
  4. Setelah itu, klik kanan lagi pada perangkat tersebut dan pilih opsi “Enable” jika tidak sudah aktif.

Mengatur Volume dan Fitur Lainnya

Ketika Anda telah berhasil mengaktifkan suara di dua perangkat, Anda dapat melakukan pengaturan lebih lanjut untuk memaksimalkan pengalaman suara Anda. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat Anda atur:

1. Membuat Pengaturan Individual untuk Setiap Perangkat

Dalam jendela “Suara”, setelah mengaktifkan suara di kedua perangkat, Anda dapat merubah volume atau pengaturan lainnya secara individual untuk setiap perangkat. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada daftar perangkat output audio, pilih salah satu perangkat.
  2. Klik tombol “Properties” yang ada di bawah daftar tersebut.
  3. Akan muncul jendela dengan opsi-opsi pengaturan untuk perangkat yang dipilih. Di sini, Anda dapat menyesuaikan volume, mematikan efek suara tertentu, atau melakukan pengaturan lain yang Anda inginkan.
  4. Setelah selesai, klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan.

2. Mengatur Suara Aplikasi Individual

Selain mengatur suara secara keseluruhan di perangkat output audio, Anda juga dapat mengatur suara aplikasi secara individu. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol volume masing-masing aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Windows” + “G” pada keyboard Anda untuk membuka Game Bar.
  2. Pada Game Bar, klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan Game Bar.
  3. Pada menu sebelah kiri, pilih opsi “Suara”.
  4. Akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan. Pilih aplikasi yang ingin Anda atur volume-nya secara individual dengan menggunakan slider di sebelah setiap aplikasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memutar suara di dua perangkat secara bersamaan dan dengan mudah mengatur pengaturan suara sesuai keinginan. Dengan begitu, pengalaman multimedia Anda akan menjadi lebih baik dan terasa lebih imersif.